Agar maksimal, website harus mudah dikenali oleh situs pencarian semacam AOL Search, AltaVista, Google, Lycos, MSN Search dan Yahoo. Lalu bagaimana agar situs kita dikenali search engine?

1. Gunakan META tags

Kebanyakan search engine akan melihat META tag di halaman web. Berikut adalah contoh bagaimana menggunakan tag .

Tag META ini harus diletakkan di dalam . Dalam “description”, masukkan uraian singkat dari halaman Anda.

Dalam “keywords”, berikan kata kunci yang menurut Anda mudah dan sederhana untuk ditemukan. Anda dapat memisahkan setiap kata kunci atau deskripsi dengan menggunakan koma (,) seperti yang ditunjukkan di atas.

2. Judul Halaman

Infoseek akan menggunakan judul sebagai prioritas utama dalam proses pencarian. Berikan judul dengan hati-hati. Cobalah memikirkan kata kunci apa yang diketik pengunjung untuk menemukan halaman anda. Yahoo juga menggunakan judul halaman dan keterangan yang Anda kirim ke pencarian.

3. Isi dari Halaman

Beberapa mesin pencari seperti Excite tidak akan membaca tag META, tetapi akan melihat isi konten dari situs Anda. Jika anda menggunakan peta gambar, pastikan bahwa Anda juga memiliki kata-kata sebagai alternatif.

4. Jangan ulangi kata kunci yang sama lebih dari 5 kali dalam tag META.

Lycos, akan memblok halaman anda dengan menempatkannya di dalam daftar atau di luar jika mereka menemukan bahwa Anda mengulangi kata-kata yang sama untuk meningkatkan peringkat.

5. Pastikan bahwa ada kata kunci dalam 3 tempat.

Pastikan bahwa ada kata kunci dalam 3 tempat. tag META, judul halaman, dan isi dari halaman Anda.

About these ads