PENGERTIAN DAN HAL-HAL YANG HARUS TERDAPAT PADA ORGANISASI

Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan menurut Chester I. Bernard, Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Dalam suatu organisasi ada 7 hal yang harus di perhatikan agar organisasi tersebut mengalami kemajuan. 7 hal tersebut adalah Nilai dan Visi, Misi, Aturan, Profesionalisme, Insentif, Sumber Daya, dan Rencana Kerja.

Dari 7 hal penting tersebut, bila ada satu saja hal yang tidak terdapat pada suatu organisasi, maka organisasi tersebut tidak akan mencapai tujuannya. Oleh karena itu,  agar organisasi tersebut dapat berkembang dan mengalami kemajuan, didalam organisasi tersebut harus terdapat 7 hal tadi.

ORGANISASI YANG MENGALAMI KELAMBANAN

Suatu organisasi akan mengalami kelambanan dalam hal produktivitas apabila insentif tidak terdapat di dalam organisasi tersebut. Secara umum, Insentif adalah suatu bentuk kompensasi yang diberikan kepada karyawan yang  jumlahnya tergantung dari hasil yang dicapai baik berupa finansial maupun non finansial. Sedangkan menurut Sarwoto (1983:144), Insentif sebagai sarana motivasi dapat diberikan batasan perangsang ataupun pendorong yang diberikan dengan sengaja kepada pekerja agar dalam diri mereka timbul semangat yang lebih besar untuk berprestasi bagi organisasi. Tujuan utama dari pemberian kompensasi atau insentif sendiri adalah untuk memacu produktivitas para karyawan sehingga mereka dapat bekerja lebih semangat dari sebelumnya. Insentif dibedakan menjadi 2, yaitu insentif material; berupa uang atau jaminan sosial, dan insentif non material; berupa piagam atau kenaikan jabatan.

Dari wacana diatas dapat disimpulkan bahwa suatu organisasi terdapat 7 hal penting yang harus ada dalam organisasi tersebut. Dan apabila seluruh hal tersebut sudah terpenuhi, maka organisasi tersebut akan mengalami kemajuan yang signifikan. Tetapi sebaliknya, jika ada 1 hal yang tidak terpenuhi, misalnya insentif, maka organisasi tersebut akan mengalami kelambanan dalam produktivitas kerja sehingga akan menghambat organisasi tersebut dalam mencapai tujuan kerja.